Loading...
Mempersiapkan pengalaman terbaik untuk Anda
Kapal tongkang adalah jenis kapal yang telah dirancang khusus untuk mengangkut material berat seperti batu bara, pasir, kayu, minyak, hingga bahan konstruksi lainnya. Kapal ini tidak memiliki mesin sendiri dan karenanya harus ditarik oleh kapal lain seperti kapal pengangkut atau kapal tunda.
Jenis ini biasanya memiliki badan kapal yang lebar dan rata serta bagian depan yang rata dan tajam. Kapal juga dilengkapi dengan kabel atau tali yang digunakan untuk menarik atau menghubungkan kapal dengan kapal pengangkut atau tugboat.
Jenis kapal ini umumnya digunakan di perairan dangkal seperti sungai, danau, atau pelabuhan. Kapal ini juga banyak digunakan untuk mengangkut kargo antar pulau di Indonesia dengan negara Asia Tenggara lainnya.
Fungsi Kapal Tongkang
Fungsi kapal tongkang yang utama adalah tentu sebagai sarana transportasi untuk mengangkut berbagai jenis muatan, seperti batu bara, pasir, kayu, minyak, dan bahan bangunan lainnya, dari satu tempat ke tempat lain di perairan dangkal seperti sungai, danau, atau pelabuhan.
Namun, ternyata kapal ini juga memiliki fungsi lainnya seperti:
1. Memudahkan distribusi barang
Fungsi ponton yang pertama adalah untuk memastikan barang dikirim dengan benar. Hal ini dapat mempercepat pengiriman barang untuk mencapai tujuannya. Bahkan, pendistribusian bisa menjangkau banyak tempat di Indonesia.
2. Tranportasi yang efisien
Keberadaan kapal ini di perairan laut tentunya sangat penting karena perannya sebagai alat transportasi sangat efisien. Sehingga, kehadiran kapal ini dijadikan sebagai solusi bagi perusahaan tambang sebagai sarana transportasi utama. Jadi, pekerjaan yang dilakukan lebih baik dan membuat distribusi jauh lebih mudah.
3. Sarana berkapasitas tinggi
Fungsi kapal tongkang lainnya yang tidak bisa dilewatkan adalah memanfaatkan kapasitasnya yang besar. Sehingga, perusahaan bisa melakukan angkutan skala besar dengan efektif. Apalagi, di Indonesia yang terdiri dari perairan dan perlu menghubungkan antar pulau, kapal sangat membantu untuk mempercepat pekerjaan.
Jenis Kapal Tongkang
Simak beberapa jenis ponton di bawah ini!
Kapal Tongkang Batu Bara
Kapal tongkang batu bara adalah sarana transportasi yang dirancang khusus untuk mengangkut batu bara dari satu tempat ke tempat lain. Material tongkang adalah baja atau besi yang dirancang untuk mengangkut sejumlah batu bara dalam jumlah besar. Ponton ini biasanya ditarik oleh alat transportasi lain yang lebih besar yang disebut kapal tunda, atau dilampirkan ke kapal pengangkut batu bara lain sebagai konvoi.
Jenis ini umumnya digunakan di industri pertambangan dan pembangkit listrik untuk mengangkut batubara dari tambang ke pembangkit listrik atau pelabuhan yang membutuhkan bahan bakar. Jenis ini mampu mengangkut muatan batu bara dalam jumlah besar untuk mempercepat pengangkutan dan pengolahan bahan bakar yang dibutuhkan.
Kapal Tongkang Minyak
Sesuai namanya, jenis kapal tongkang minyak adalah sarana transportasi yang dirancang khusus untuk mengangkut minyak atau produk minyak dari satu tempat ke tempat lain. Jenis minyak ini biasanya terdiri dari tongkang baja atau besi yang dirancang untuk mengangkut minyak dalam jumlah besar.
Jenis ini biasanya digunakan dalam industri minyak dan gas untuk mengangkut minyak dari lokasi sumur ke pabrik pengolahan atau ke pelabuhan yang membutuhkan bahan bakar. Kapal ini juga dilengkapi dengan sistem kontrol pemompaan dan suhu canggih untuk menjaga kualitas dan kuantitas minyak yang diangkut.
Kapal Tongkang Kayu
Jenis kapal tongkang yang ketiga adalah untuk memuat kayu. Tongkang kayu adalah alat transportasi yang biasa digunakan untuk mengangkut kayu dari satu tempat ke tempat lain. Jenis ini memiliki badan yang panjang dan ramping, dengan ujung depan dan belakang yang tajam untuk memudahkan navigasi di dalam air.
Tongkang kayu biasanya dilengkapi dengan sistem pengapungan yang kuat sehingga dapat membawa beban berat tanpa tenggelam ke dalam air. Selain itu, kapal ini juga memiliki ruang kargo besar yang mampu menampung banyak kayu untuk sebuah perjalanan.
Tongkang ini sering digunakan di perairan dangkal seperti sungai atau muara dan merupakan alat transportasi penting dalam industri kayu.
sumber: solarindustri
Penerangan yang buruk bukan berati yang gelap. Namun penerangan yang baik ditempat kerja adalah yang tidak menyilaukan, yang tidak berkedip, yang tidak menimbulkan bayangan kontras dan tidak menimbulkan panas. Biasanya intensitas pencahayaan dinyatakan dalam satuan Lux.
Dalam bekerja tentunya pencahayaan ini sangat penting, sehingga dalam regulasi pemerintah telah dibuatkan standarisasi berkaitan tingkat pencahayaan untuk jenis-jenis pekerjaan tertentu. Misalnya untuk penerangan di halaman dan jalan standar yang ditetapkan pemerintah yaitu setidaknya 20 lux.
Atau untuk pekerjaan yang sifatnya mengerjakan bahan-bahan yang kasar, atau pergudangan untuk menyimpan barang-barang besar dan kasar setidaknya perlu 50 lux. Semakin teliti maka semakin tinggi juga intensitas yang diperlukan namun tetap ada batasannya. Karena pencahayaan yang terlalu terang juga bisa membahayakan.
Penerangan yang buruk atau yang tidak sesuai dengan jenis pekerjaannya akan menimbulkan risiko pada pekerja seperti kelelahan mata, berkurangannya kemampuan mampu hingga kerusakan indera mata.
Di beberapa kondisi, penerangan yang buruk juga dapat mengakibatkan kecelakaan kerja. Oleh karena itu penting memastikan bahwa kita bekerja dengan penerangan yang baik. Aturan terkait pencahayaan bisa dilihat di Permenaker no 5 tahun 2018 tentang Keselamatan dan Kesehatan Kerja Lingkungan Kerja (halaman 61)
Penilaian risiko kebakaran dirancang untuk meminimalkan kemungkinan terjadinya kebakaran dengan mengidentifikasi potensi bahaya dan risiko kebakaran di dalam gedung. Namun, tidak hanya memeriksa struktur bangunan itu sendiri, tapi isi bangunan, tata letak, dan penggunaan bangunan. Bagaimana penggunaan bangunan tersebut mempengaruhi risiko kebakaran? Berapa banyak orang yang ada di dalam gedung? Bagaimana mereka akan selamat jika terjadi kebakaran? Langkah apa yang harus diambil untuk meminimalisir bahaya?
Untuk bisnis atau bangunan umum seperti toko, gedung perkantoran, atau tempat-tempat vital lainnya dan bahkan stasiun bis dan kereta api, perlu dilakukan penilaian risiko kebakaran. Semua properti perlu mendapat penilaian risiko kebakaran. Ini bukan dokumen opsional dan diwajibkan oleh hukum Inggris.
Penilaian Resiko Kebakaran adalah proses yang melibatkan evaluasi sistematis terhadap faktor-faktor yang menentukan bahaya kebakaran, serta kemungkinan kebakaran akan terjadi, dan konsekuensinya jika terjadi.
5 langkah untuk Penilaian Risiko:
Penting untuk diingat bahwa Penilaian Resiko Kebakaran Anda harus menunjukkan bahwa sejauh masuk akal, Anda telah mempertimbangkan kebutuhan semua orang yang relevan termasuk penyandang cacat, atau gangguan yang dapat mengurangi pelarian mereka dari tempat tersebut.
Tapi mengapa perlu penilaian risiko kebakaran?
Alasannya adalah bahwa penilaian risiko kebakaran diperlukan karena diatur dalam Regulatory Reform (Fire Safety) Order 2005. Di Indonesia Penerapan FRA ini dapat mengacu kepada standar National Fire Protection Association (NFPA) dan juga peraturan lokal seperti PerMen PU No. 26 Tahun 2008. Pengelolaan proteksi kebakaran adalah upaya mencegah terjadinya kebakaran atau meluasnya kebakaran ke ruangan-ruangan ataupun lantai-lantai bangunan, termasuk ke bangunan lainnya melalui eliminasi ataupun minimalisasi risiko bahaya kebakaran, pengaturan zona-zona yang berpotensi menimbulkan kebakaran, serta kesiapan dan kesiagaan sistem proteksi aktif maupun pasif.
Secara sederhana, peraturan tersebut menyatakan bahwa penilaian risiko kebakaran harus dilakukan, namun juga mencantumkan berbagai persyaratan lainnya seperti: siapa yang dapat melakukan penilaian risiko kebakaran, siapa yang bertanggung jawab jika terjadi kebakaran, bagaimana prosedur dalam tanggap darurat dan untuk wilayah rawan bahaya, bagaiamana memberikan sosialisasi kepada setiap karyawan sehingga karyawan mampu menyelamatkan diri, dan informasi apa yang harus diberikan kepada karyawan.
Penting untuk dipahami bahwa kegagalan mematuhi Regulasi (Keselamatan Kebakaran) atau kelalaian yang menyebabkan kebakaran pada orang lain dapat dituntut secara pidana kurungan paling lama 5 tahun atau pidana kurungan paling lama setahun menurut pasal 188 KUHP. Dalam beberapa kasus, pihak yang bersalah berakhir dengan hukuman penjara.
Penting untuk dicatat bahwa undang-undang meminta penilaian risiko agar ‘sesuai’ dan ‘cukup’. Masalahnya adalah bahwa ada tingkat interpretasi di sini: apa yang mungkin cocok untuk satu properti tentu tidak akan sesuai untuk yang lain. Inilah sebabnya mengapa penting untuk menyesuaikan penilaian risiko kebakaran di masing-masing lokasi, serta untuk memperbarui dan meninjau penilaian saat dan kapan perubahan terjadi, seperti saat ruangan dipindahkan, orang-orang di bangunan tersebut berubah (terutama jika terdapat anak-anak atau orang cacat atau lanjut usia).
Siapa pun dapat melakukan penilaian risiko kebakaran, asalkan dianggap ‘kompeten’, namun baru-baru ini ditemukan bahwa banyak pemilik bisnis tidak memiliki keterampilan atau pengetahuan untuk menyelesaikan penilaian risiko tanpa bantuan. Masalahnya muncul ketika orang yang melakukan penilaian risiko kebakaran tidak memiliki pengalaman dan kemampuan untuk sepenuhnya menganalisis risiko. Bagaimana jika risiko atau bahaya tidak terjawab?
Tapi bagaimana Anda menemukan penilai risiko yang andal? Jawabannya sederhana: use only verified and certified risk assessors!
Penilaian risiko kebakaran mudah dilakukan, namun sulit dilakukan dengan baik. Hampir semua orang yang memiliki latar belakang di industri kebakaran dapat menjadikan diri mereka sebagai penilai risiko kebakaran yang ‘profesional’. Bahkan ada ratusan perusahaan yang mengaku sebagai ‘expert’ risk assessors, namun tanpa ada bukti nyata seperti tidak memiliki sertifikat.
Keselamatan tidak hanya tanggung jawab individu, tetapi juga tanggung jawab kolektif. Oleh karena itu, penting bagi perusahaan dan pengelola proyek untuk memastikan bahwa semua pekerja dilengkapi dengan lifeline yang sesuai dan mendapat pelatihan yang diperlukan untuk menggunakan peralatan tersebut dengan aman.
Dengan demikian, kita dapat menciptakan lingkungan kerja yang lebih aman, di mana setiap pekerja dapat bekerja dengan damai dan produktif, tanpa khawatir akan risiko yang tidak perlu.
Memilih lifeline yang tepat adalah keputusan penting yang memerlukan pertimbangan serius terhadap beberapa faktor kunci. Berikut adalah beberapa faktor yang harus dipertimbangkan saat memilih lifeline:
Tips Menggunakan Lifeline dengan Aman
Menggunakan lifeline dengan aman adalah kunci untuk menjaga keselamatan di tempat kerja yang melibatkan pekerjaan di ketinggian. Berikut beberapa tips yang dapat membantu Anda menggunakan lifeline dengan aman:
Manfaat menggunakan lifeline sangat besar, tidak hanya bagi keselamatan pekerja tetapi juga bagi keselamatan keseluruhan di tempat kerja. Penggunaan lifeline dapat mengurangi risiko kecelakaan serius atau fatal yang bisa terjadi jika pekerja jatuh dari ketinggian.
Selain itu, dengan meningkatkan keselamatan kerja, penggunaan lifeline juga dapat mengurangi biaya yang terkait dengan kecelakaan kerja, seperti biaya medis, kompensasi pekerja, atau penundaan proyek. Dengan demikian, lifeline bukan hanya merupakan alat pengaman individual, tetapi juga merupakan investasi penting untuk keselamatan dan kesejahteraan pekerja serta kelangsungan bisnis.
Jenis-Jenis Lifeline
Terdapat empat jenis utama lifeline yang digunakan dalam berbagai aplikasi keselamatan dan industri. Mari kita jelaskan lebih detail tentang masing-masing jenis:
Komponen Utama Lifeline
Komponen-komponen utama lifeline adalah unsur-unsur kunci yang bekerja bersama-sama untuk memberikan perlindungan dan keamanan kepada pekerja yang menggunakan lifeline. Berikut penjelasan tentang masing-masing komponen: