Memiliki pengalaman dalam manajemen sistem pemadam kebakaran.
Memiliki pengalaman dalam memimpin dan mengelola tim.
Pendidikan minimal: D3/S1 Teknik K3, Teknik Lingkungan, Teknik Kimia, Teknik Industri, atau bidang terkait.
Pengalaman kerja: Minimal 2–4 tahun di bidang K3 industri berat, pertambangan, metalurgi, atau proyek HPAL.
Diutamakan memiliki sertifikasi:
Ahli K3 Umum (Kemnaker RI).
Basic Fire Safety & Emergency Response.
First Aid & CPR Training.
ISO 45001:2018 Awareness / Internal Auditor.
Disclaimer : PT. Midiatama tidak terafiliasi apapun dengan perusahaan yang tertampil di karir ini, kami hanya menyediakan informasi lowongan kerja yang mungkin bisa membantu untuk alumni midiatama atau untuk umum. Bila anda perusahaan atau personal yang keberatan terkait tertampil nya loker anda bisa langsung Hubungi Admin Kami.
Tugas & Tanggung Jawab
Bertanggung jawab atas manajemen sistem pemadam kebakaran, penanganan darurat kebakaran, serta koordinasi dan komunikasi dengan pihak pengelola kawasan industri untuk memastikan koordinasi kesiapsiagaan kebakaran berjalan dengan baik.
Bertanggung jawab atas manajemen lalu lintas, pengaturan dan pengarahan lalu lintas, serta berkoordinasi dengan pihak kawasan industri untuk pengendaliannya.
Bertanggung jawab atas manajemen keamanan, yang meliputi:
* Penugasan dan pengaturan personel keamanan.
* Penanganan darurat dan insiden ketertiban umum (kamtibmas).
* Penyidikan insiden kamtibmas.
* Koordinasi dan komunikasi dengan pihak internal kawasan industri dan eksternal (seperti kepolisian).
Bertanggung jawab untuk mengoordinasikan pekerjaan terkait di dalam unit/seksi, menangani keluhan internal dan eksternal, serta meningkatkan kepuasan pelanggan/internal.
Harus punya keterampilan:
Keterampilan Teknis (Hard Skills):
Memiliki inisiatif yang tinggi, kuat dalam pelayanan, dan memiliki kemampuan manajemen tim yang andal.
Audit dan inspeksi keselamatan.
Analisis risiko dan penilaian bahaya (HIRA / JSA).
Investigasi insiden dan pelaporan kecelakaan.
Pengawasan pekerjaan berisiko tinggi (Hot Work, Confined Space, Working at Height).
Pengetahuan tentang bahan kimia berbahaya (MSDS/CSDS).
Pemahaman sistem manajemen K3 (SMK3 & ISO 45001).
Terampil dalam mengalokasikan sumber daya untuk mencapai kepuasan pelanggan/internal.
Keterampilan Non-Teknis (Soft Skills):
Memiliki kemampuan komunikasi internal dan eksternal yang baik, kemampuan koordinasi yang kuat, serta berorientasi pada pelayanan (customer service oriented).
Mahir dalam komunikasi dan koordinasi eksternal untuk mencapai tujuan manajemen internal.
Disiplin tinggi, teliti, dan berorientasi pada detail.
Proaktif dalam mengidentifikasi potensi bahaya dan memberikan solusi perbaikan.
Mampu bekerja di bawah tekanan dan dalam lingkungan kerja dengan risiko tinggi.